PENGARUH STRATEGI PEMASARAN, HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Empiris Pada CV. Abadi Helm Semarang)
DOI:
https://doi.org/10.70375/e-logis.v7i2.122Keywords:
strategi pemasaran, Harga Pokok Penjualan, kualitas produk, pelayanan, kepuasan konsumenAbstract
Kepuasan konsumen merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi terhadap kinerja (hasil) suatu produk dengan harapan-harapanya. Jika kinerja sesuai dengan ekspektasi, konsumen akan merasa puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran, harga, kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen CV. Abadi Helm Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen CV. Abadi Helm Semarang dengan melibatkaan 75 responden yang melakukan pengisian kuesioner (angket). Metode analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel strategi pemasaran, harga, kualitas produk dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Serta hasil penelitian dibuktikan dengan hasil masing-masing unstandardized coefficients B bernilai 0.117, 0.441, 0.255, dan 0.541 sedangkan nilai t hitung masing-masing 1.843, 3.943, 1.731, dan 4.618 > nilai t tabel sebesar 1.6669 serta nilai signifikansi masing-masing variabel adalah 0.000 < 0.05. penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi ilmiah dan data praktis bagi para pelaku bisnis dalam meningkatkan kinerja yang lebih baik.
References
Afnina, A., & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap KepuasanPelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21–30.
Ali Hasan. (2018). Jurnal Indovisi; Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan harga Terhadap Minat Beli Pakaian. Indonesoan Indovisi Institute, 1(Iii), 83– 104.
Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Andira, H., & Sundari, E. (2021). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN SYARIAH TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO
HERBAL AZ-ZAHRA KOTA DUMAI. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 4.
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94.
Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri, S. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Bahri, Syamsul dan Zamzam, Fahkry. 2015 MODEL PENELITIAN KUANTITATIF BERBASIS SEMAMOS. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Cahya, F. F. B., & Firmialy, S. D. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Amanda Brownies Di Palimanan Cirebon.….Telkomuniversity.Ac.Id,8(1),869–878. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/managemen t/article/view/17670
Cannon, Joseph P et al. 2008. Pemasaran Dasar, Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.
Christiawan, E. M. (2022). Strategi pemasaran pada masa pandemi covid-19 di hotel amaris teuku umar: Marketing strategies during the covid-19 pandemic at the teuku umar amaris hotel. Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis, 1(1), 197- 205.
Djarwanto. 1994. Pokok-pokok Metode Riset dan Bimbingan Teknis Penulisan Skripsi. Yogyakarta : Liberty.
Ghozali, 2014. Aplikasi analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit. UNDIP , Semarang.
Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Isfahila, A., Fatimah, F., & Eko, W. (2018). Pengaruh Harga, Desain, Serta Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen The Effect Of Prices, Design, And Product Quality On The Consumer Satisfaction. In Pengaruh Harga ……… (Vol. 8, Issue 2).
Kurniawan, Bayu. 2022. Kepuasan Pelanggan : Pengertian, Manfaat, dan Cara Meningkatkannya Diakses pada 13/12/2022, dari https://komerce.id/blog/kepuasanpelanggan- adalaKurtz (2008). Contemporary Marketing ., New York: Sount-West Cengage Learning.
Kotler, P. 1996. Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 2. Jakarta : Intermedia .
. 2009. Manajemen Pemasaran. Indeks : Jakarta
. 2012. Pemasaran. Indeks : Jakarta.
Kotler, Philip & Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1. Erlangga : Jakarta.
Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1, Edisi 12. PT. Indeks Jakarta
. 2012. Marketing Management, 14th . Person Education
. 2016. Manajemen Pemasaran. Indeks : Jakarta
Lupyoadi, R. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat, Jakarta Lonardo dan Soelasih. 2014. Analisis Pengaruh dan Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Layanan dan Lingkungan Fisik Perusahaan Kue LapisLegit XYZ Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Membangun Word of Mouth Positif. Jurnal Manajemen vol.11 no.1 Mei 2014.
Manajemen, J., Tinggi, S., Manajemen, I., & Langsa, P. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Afnina Yulia Hastuti. 9.
Marhamah. 2014. Skripsi: Strategi Pemasaran Produk jilbab Rabbani menurutEkonomi Islam”.Palembang : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Uin RadenFatah.
Meithiana Indrasari. (2019) PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN. (n.d.).
Napitupulu, F. (2019). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Ramayana Lestari Sentosa. Kinerja, 16(1), 1–9.
Nasruddin. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Di Pt. Hadji Kalla Cabang Palopo. MANDAR: Management Developement and Applied Research Journal, 3(2), 19–27.
Priyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatama Publishing. Hal 1.
Putra, R. (2021). DETERMINASI KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). 2(4). https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4
Rahman, A. (2019). Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt Yudha Swalayan Jakarta. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 4(2), 257–264. www.bsi.ac.id
Razak, I. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. 7(2).
Simamora, F. N., Kaharuddin, K., & Ambarita, R. (2022). Pengaruh Pelayanan Vendor Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Pln Pembangkitan Sumatera Bagian Utara Sektor Pembangkitan Pandan. Jesya, 5(2), 2084–2096. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.789
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Suhardi, Y., Zulkarnaini, Z., Burda, A., Darmawan, A., & Klarisah, A. N. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi, 31(02), 31–41. https://doi.org/10.36406/jemi.v31i02.718.
Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sumadi, S., Tho’in, M., Efendi, T. F., & Permatasari, D. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Syariah, Kepuasan Konsumen, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Naughti Hijab Store). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2). https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2562
Susetyo, Y., Siti, N., & M, Shohibul, J., (2023). Pengaruh kualitas dan harga produk terhadap kepuasan pelanggan pada produk umkm. 29–43.
Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran Edisi 2. Yogyakarta : Andi Offset
. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi
. 2012.Pemasaran Strategis Edisi 2. Yogyakarta : Andi Offset
. 2008. Strategi Pemasaran, ed. 3. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy & Gregorius, Chandra. 2016. Service, Quality &Satisfaction.yogyakarta. Andi Untoro, Joko. 2010. Ekonomi. Jakarta : Kawah Media.
Wahyuni, A. T., Bahri, M. S., Marga, U. P., Layanan, K., & Pelanggan, L. (n.d.). J u m a d. 1(3), 371–380.
Wulan, R., & Nasution, S. (n.d.). Transformasi Manageria Journal of Islamic Education Management Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Meningkatnya Kepuasan Pelanggan. https://doi.org/10.47476/manageria.v2i2.896
Hidayati, S.N. (2016). Pengaruh Pendekatan Keras dan Lunak Pemimpin Organisasi terhadap Kepuasan Kerja dan Potensi Mogok Kerja Karyawan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 5(2), 57-66. http://dx.doi.org/10.30588/SOSHUMDIK.v5i2.164.
Risdwiyanto, A. & Kurniyati, Y. (2015). Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Sleman Yogyakarta Berbasis Rangsangan Pemasaran. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 5(1), 1-23. http://dx.doi.org/10.30588/SOSHUMDIK.v5i1.142.
Bator, R. J., Bryan, A. D., & Schultz, P. W. (2011). Who Gives a Hoot?: Intercept Surveys of Litterers and Disposers. Environment and Behavior, 43(3), 295–315. https://doi.org/10.1177/0013916509356884.