DAMPAK PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI RESIKO DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN MELAKUKAN TRANSAKSI PADA BANK PT. BPR BKK KOTA TEGAL (PERSERODA)
DOI:
https://doi.org/10.70375/e-logis.v7i2.123Keywords:
BPR, Transaksi, Persepsi Manfaat, Persepsi Resiko, TrustAbstract
Peneitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh persepsi manfaat, persepsi resiko dan kepercayaan terhadap keputusan melakukan transaksi pada PT BPR BKK KOTA TEGAL (Perseroda). Sampel sebanyak 124 responden dengan teknik random sampling. Teknis analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan alat bantu uji statisik Statistical Product and Service Solution (SPSS) v. 25. Berdasarkan Uji Statistik didapat bahwa persepsi manfaat dan Trust mempengaruhi Keputusan transaksi secara parsial sedangkan persepsi resiko tidak. Persepsi manfaat, persepsi resiko dan trust secara simultan mempengaruhi keputusan bertransaksi secara simultan. 78% variabel dependen yaitu Melakukan transaksi pada BPR BKK Kota Tegal (Perseroda) dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu Persepsi Manfaat, Persepsi Resiko, dan Trust
References
Bayu, P. A., & Dewa, S. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi, 27, 927. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v27.i02.p04.
Davis, F. D. (1989). “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and User Acceptance of Information Technology,” MIS Quarterly 13(3), 319-339.
Elsa, S., & Bulan, P. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan Menggunakan E- wallet dan Persepsi Manfaat Serta Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Saldo E-Wallet Ovo. Journal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–9.
Fatin, S. K., & Farida, N. (2021). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Repurchase Intention Melalui Kepuasan (Studi Pada Bpr Catur Artha Jaya Di Kudus). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 829-836.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Vol. 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hidayati, L. A., & Muhdiyanto, M. (2017). Peran Penggunaan Teknologi E- Banking Dan Kepuasan Pada Loyalitas Nasabah: Kepercayaan Sebagai Efek Moderasi (Studi Empiris Bank Umum Di Wilayah Kedu). Prosiding Tantangan Bisnis Era Digital, 1(1).
Haidari, M. B., & Tileng, K. G. (2018). Analisa Faktor-Faktor Berpengaruh pada Penggunaan Go-Pay. Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi (JUISI) Universitas Ciputra, 04(01), 10–15.
Jayantari, I. A. A. U., & Seminari, N. K. (2018). Peran Kepercayaan Memediasi Persepsi Risiko terhadap Niat Menggunakan Mandiri Mobile Banking di Kota Denpasar (Doctoral dissertation, Udayana University).
Mahardika, A., & Basuki, R. (2011). Factor Determining Acceptance Level of Internet Banking Implemantation. Journal of Economics, Business, and Acccountancy.
Mahardika, R. M., & Soetomo, H. (2019). Anteseden mobile banking adoption. Media Riset Bisnis & Manajemen, 19(1), 49-62.
Martono. 2002. Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Edisi Pertama. Yogyakarta : Ekonisia
Rahmawati, Y. D., & Yuliana, R. Y. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E- Wallet. Journal Of Economics And Banking. Http://182.253, 197.
Rehman, S. U., Bhatti, A., Mohamed, R., & Ayoup, H. (2019). The moderating role of trust and commitment between consumer purchase intention and online shopping behavior in the context of Pakistan. Journal of Global Entrepreneurship Research, 9(1), 43. https://doi.org/10.1186/s40497‐019 0166‐2
Rizanata, M. F. (2014). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Word of Mouth, Niat Beli dan Retensi Pelanggan Gerai Indomaret Di Surabaya. Journal of Business and Banking, 4(1), 31-42.
Suhir, M., & Suyadi, I. (2014). Riyadi,“Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan dan Persepsi Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian,”. J. Adm. Bisnis, 8(1).
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta. Sumantika, A., & Prakosa, A. (2018). Brand Positioning, Persepsi Dan
Kepercayaan Nasabah Pada Bank Perkreditan Rakyat. Optimum: Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 8(2), 224-235.
Styarini, F., & Riptiono, S. (2020). Analisis Pengaruh Customer Trust Terhadap Keputusan Menggunakan Mobile Banking Melalui Perceived Risk dan Perceived Usefulness Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(4), 670-680.
www.bi.go.id