Pengaruh Promosi, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Wali Santri dalam Memilih Pondok Pesantren di Pondok Pesantren Rumah Tahfidz Zaid Bin Tsabit
DOI:
https://doi.org/10.70375/e-logis.v7i1.134Keywords:
Promosi, Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Pondok PesantrenAbstract
Keputusan memilih mengacu pada proses pemilihan yang dilakukan oleh konsumen untuk memilih produk atau jasa dari berbagai alternatif yang tersedia. Penelitian ini mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan memilih pondok pesantren, dengan fokus pada promosi, fasilitas dan kualitas pelayanan di Rumah Tahfidz Zaid Bin Tsabit Putri Temanggung. Penelitian ini melibatkan populasi sebesar 90 walisantri, dengan ukuran sampel 82 responden yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Hasil uji t menunjukkan bahwa promosi memiliki pengaruh signifikan secara statistik (nilai t: 3,660, sig.: 0,001), Fasilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih (nilai t: 0,159, sig.: 0,874), sementara kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan (nilai t: 4,479, sig.: 0,001). Hasil uji F menunjukkan bahwa model keseluruhan signifikan (nilai F:65,055, sig.: 0,001), menunjukkan bahwa variabel-variabel ini secara bersama sama mempengaruhi keputusan memilih.
References
Alamsyah, J. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Restoran Anugerah Jaya. Jurnal Mitra Manajemen, 6(9), 549–562. https://doi.org/10.52160/ejmm.v6i9.647
Arofah, F. L., & Hasyim, U. (2024). PENGARUH CITRA SEKOLAH DAN STRATEGI PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH SEKOLAH DI MTS NEGERI 6 JOMBANG. 06(04), 878–897.
Bimantara, Y., Novita, D., & Jaelani. (2022). Pengaruh Harga, Desain Produk dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Mobil Honda Brio di Lampung). Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology, 1(2), 27–36. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/smart/issue/archive
Br Marbun, M., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1134
Erinawati, F., & Syafarudin, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi Terhadap Keputusan. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 130–146. https://doi.org/10.46306/vls.v1i1.10
Irfan, A. M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Yang Diberikan Kenari Waterpark Bontang Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 82. https://doi.org/10.32507/ajei.v9i2.451
Kristiawan, A., Nursalin, K. K., Gunawan, I., & F.Yo, J. A. (2021). Pengaruh Pengalaman Berbelanja Online Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan (Segmen : Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha Pelanggan Shopee Dan Jd.Id). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1), 479–492. https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i2.35107
Lokasi Promosi, P., Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Studi Pada Pengunjung Kawasan Ekowisata, D., Siregar, N., Elfikri, M., Paramitha daulay, R., Kunci, K., & Kepuasan Konsumen, dan. (2022). Pengaruh Lokasi. Promosi, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengunjung Kawasan. Ekowisata Tangkahan Kabupaten Langkat) .SOSEK, 3(1), 1–9.
Lukito, W. A., & Fahmi, D. L. (2020). Pengaruh Promosi dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight Pada Masyarakat Tanjung Morawa. Journal of Economics and Accounting, 1(2), 90–95.
Lystia, C., Winasis, R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Umum Manajemen Terapan, 3(4), 392–403. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i4
Marpaung, F. K., Yuniar, J., & Leslie, C. (2023). The Influence Of Price, Quality Of Service And Promotion On Consumer Purchase Decision To Stay In Hotels In Medan City. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 303–308. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Maulidiah, E. P., Survival, S., & Budiantono, B. (2023). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kualitas Pelayanan Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Economina, 2(3), 727–737. https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.375
Octavia, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Bank Index Lampung. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 35–39. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.1.35-39
Patmala, H. S., & Fatihah, D. C. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Ukm mart Kartika widya Utama. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 1154–1170.
Permata Sari, D. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Lokasi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 524–533. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.463
Pratama, A., Putri, A. D., & Suwarni, E. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Memilih Produk Tabungan Emas Di Pegadaian Kota Bandar Lampung. Journals of Economics and Business, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.33365/jeb.v3i1.310
Putra, A. M., Kencana, P. N., Pamulang, U., Selatan, T., Pamulang, U., & Selatan, T. (2024). Pengaruh promosi dan biaya pendidikan terhadap keputusan orang tua dalam memilih sekolah penerbangan difasc jakarta di serpong tangerang. 2(4), 2970–2981.
Roisah, R., & Riana, D. (2016). Telaah Hubungan Citra Merek, Kualitas Produk Dan Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 4(1), 100–107. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/351
Romelus Anigomang, F., Aristarkus Tang, S., Maruli, E., Ekonomi Universitas Tribuana Kalabahi, F., & Abstract, N. (2023). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari, 2023(1), 698–709. https://doi.org/10.5281/zenodo.7639297
Simamora, Y. M., Siagian, H., & Pelawi, P. (2023). Pengaruh Lokasi, Fasilitas Pendidikan dan Citra Sekolah Terhadap Keputusan Memilih Sekolah. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 13(2), 168–182. https://doi.org/10.55601/jwem.v13i2.1021
Siti Lailatul Fitriyah. (2023). Pengaruh Fasilitas, Promosi, Harga dan Faktor Demografi Terhadap Keputusan Wali Santri dalam Menentukan Pendidikan Anak di PPS. Kyai Syarifuddin Wonorejo-Lumajang. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, 3(1), 93–120. https://doi.org/10.54471/rjps.v3i1.2281
Syahputra Ramadhan, R., & Herman, H. (2020). Pengaruh Promosi dan Fasilitas Terhadap Keputusan Meninap di OS Hotel Batam. Jurnal Ilmiah Kohesi, 4(3), 1–9.
Tamam. Sanusi, U. (2022). Pengaruh Fasilitas, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Siswa Pada Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Kalianda. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 49–58.
Tyas, D. A., & Supriyanto, A. (2022). Keputusan Konsumen Dalam Memilih Hotel Syariah: Ditinjau Dari Halal Lifestyle, Muslim Friendly Facilities, Dan Knowledge. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(2), 141–152. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i2.766
Wahyuningsih, D. W. (2019). Pengaruh Variasi Produk, Harga Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Motor Yamaha N-Max Di Wonogiri. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(02), 407–414. https://doi.org/10.29040/jie.v3i02.627
Wibowati, J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Muarakati Baru Satu Palembang. Jurnal Manajemen, 8(2), 15–31. https://doi.org/10.36546/jm.v8i2.348