Kepuasan Mahasiswa Dalam Menggunakan Aplikasi Teknologi Pembelajaran Edmodo Sebagai Media Pembelajaran E-learning dan Peningkatan Efektivitas Pembelajaran di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya

Authors

  • Susilowati
  • Asmirin Noor
  • Rustono
  • Samsudi
  • I Made Sudana
  • M. D. Kharis Rifai

DOI:

https://doi.org/10.70375/e-logis.v3i1.21

Keywords:

Edmodo, Penelitian Kuantitatif, Analisis Jalur, Kepuasan Siswa

Abstract

Penelitian ini adalah kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan penggunaan aplikasi pembelajaran gratis Edmodo terhadap kepuasan dan keefektifan belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya yang mengambil mata kuliah 2-learning. Sedangkan sampelnya adalah 160 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan nonprobability sampling, yaitu dengan accidental sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket. Hasil analisis membuktikan bahwa kepuasan berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pembelajaran. Kepuasan siswa mempengaruhi efektivitas pembelajaran, pelayanan, dan pengajaran. Mereka dapat meningkatkan efektivitas, seperti mengerjakan tugas yang diberikan, mempresentasikan, belajar dan berdiskusi dengan rekan kerja atau dosen

Downloads

Published

2023-07-28

Issue

Section

Articles