Peran Perilaku pada Sistem Pengendalian Manajemen (Studi Kasus pada Bank di Ungaran)

Authors

  • Jaluanto Sunu Punjul Tyoso
  • Claudia Raynera

DOI:

https://doi.org/10.70375/e-logis.v3i1.27

Keywords:

Sistem Pengendalian Manajemen, Aspek Perilaku, Standard Operating Procedure (SOP)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku pegawai pada sistem pengendalian manajemen Bank dan hambatan perilaku pegawai dalam penerapannya. Deskriptif kualitatif sebagai metode penelitian digunakan. Metode penelitian ini adalah yaitu pengumpulan, pengolahan, penyajian dan analisis data yang berkaitan dengan aspek perilaku dalam sistem pengendalian manajemen dengan menggunakan observasi langsung di lingkungan perusahaan. Jumlah sampel untuk penelitian ini adalah 54 pegawai Bank. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar pegawai bank sudah menunjukkan perilaku yang diharapkan oleh perusahaan dengan mengikuti SOP yang diberikan oleh perusahaan. Perilaku karyawan yang tidak sesuai dengan SOP perusahaan akan segera ditindaklanjuti oleh atasan dengan memberitahukan dan memberikan peringatan yang tidak berulang. Perilaku karyawan memanifestasikan dirinya dalam bentuk mindfulness, bekerja di perusahaan, mematuhi sistem yang ditetapkan oleh manajemen sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Perilaku karyawan dapat berperan dalam sistem pengendalian manajemen, karena perilaku negatif karyawan dalam sistem pengendalian manajemen dapat merugikan baik karyawan maupun perusahaan.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles