DINAMIKA PEMBERDAYAAN USAHA KERAJINAN BATIK TULIS SEMARANGAN DI KOTA SEMARANG

Authors

  • Ginanjar Suendro

DOI:

https://doi.org/10.70375/e-logis.v2i2.32

Keywords:

Strategi Pengembangan, Analisa Kekuatan dan Kelemahan, Analisa Peluang dan Ancaman, Analisis Swot, Inovasi Produk

Abstract

Belum kokohnya fundamental perekonomian Indonesia mendorong pemerintah untuk membangun struktur ekonomi dengan mempertimbangkan keberadaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) batik Tulis Semarangan. Sektor ini telah terbukti memberikan lapangan kerja dan memberikan kesempatan bagi UMKM Batik Tulis Semarangan untuk berkembang di masyarakat. Keberadaan UMKM Batik Tulis Semarangan tidak dapat diragukan karena terbukti mampu bertahan dan menjadi penggerak ekonomi, terutama setelah krisis ekonomi. Di sisi lain, UMKM Batik Tulis Semarangan juga menghadapi banyak masalah, yaitu keterbatasan modal kerja, sumber daya manusia yang rendah, dan kurang cakapnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (Sudaryanto dan Hanim, 2002). Kendala lain yang dihadapi oleh UMKM Batik Tulis Semarangan adalah hubungan dengan prospek bisnis yang kurang jelas dan visi perencanaan dan misi yang belum stabil. Pemberian informasi dan jaringan pasar, kemudahan akses pendanaan dan pendampingan serta peningkatan kapasitas teknologi informasi merupakan beberapa strategi peningkatan daya saing UMKM batik semarangan Indonesia. Oleh karena itu diperlukan sinergi semua pihak terutama antara pemerintah dan lembaga keuangan mikro untuk memberdayakan UMKM Batik Semarangan dalam menunjang sektor ekonomi dalam hal penyerapan tenaga kerja dan ketahanan dalam persaingan global serta diperlukannya inovasi produk UMKM Batik guna bisa mencapai keunggulan bersaing berkelanjutan dengan peluang yang ada dan sekaligus pembeda dengan pesaing dengan memakai strategi yang tepat.

Downloads

Published

2023-07-31